Persiapan Belajar PHP

Selamat sore sobat semua,,,
Kali ini saya mau share tentang PHP, sesuai dengan judulnya tulisan ini merupakan masih tahap persiapan untuk bisa belajar PHP. Sebenarnya ini bukan sebuah tutorial, tapi tulisan ini adalah sebuah diary note tentang saya dalam mempelajari PHP, so intinya saya juga baru mulai belajar PHP,, hehe:-)
Oke langsung aja ya...
PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman web yang bekerja pada server side. Hingga saat ini php masih sangat populer digunakan dalam membangun aplikasi web yang dinamis. Wordpress adalah salah satu contoh web yang mengaplikasikan PHP. Untuk memulai belajar pemrograman PHP setidaknya anda memerlukan beberapa hal sebagai berikut:
  1. Web server Apache
  2. PHP
  3. Database MySQL
Tahap Installasi
Anda bisa mengginstal masing-masing program tersebut dan mengkonfigurasinya, namun untuk pemula seper saya disarankan untuk menggunakan xampp atau phptriad. Pilihan saya adalah xampp (download). Anda hanya perlu instal sekali dan ketiga ponit tersebut diatas secara otomatis sudah terinstall di komputer anda.
Untuk mengetes apakah apakah ketiga program diatas berhasil terinstal, buka aplikasi "xampp control panel". Bila aplikasinya sudah terbuka klik tombol start pada Apache dan MySQL. lalu buka browser anda (firefox, google chrome, opera, dll).
Ketik pada address bar dengan alamat http://localhost sehingga akan tampil dihalaman browser anda adalah tampilan xampp for windows. Jika anda melihat tulisan seperti dibawah, maka instalasi xampp telah sukses.

Congratulations:
You have sucsessfully installed XAMPP on this sytem!

Tahap Pemrograman
Untuk membuat halaman php yang kita perlukan adalah sebuah aplikasu PHP editor seperti dreamweaver (sangat mudah digunakan dan dilengkapi dengan tampilan design). Jika anda tidak punya dreamweaver anda bisa menggunakan program Notepad (aplikasi bawaan windows). Untuk penggunaan notepad anda dituntut untuk menulis semua script php secara manual berbeda dengan dreamweaver Anda akan dibantu dengan fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh dreamweaver.
File yang kita buat nanti harus kita simpan dengan ekstensi php contoh (latihan.php) dan diletakkan dalam folder C:/xampp/htdocs. Biasanya standar penyimpanan file php disana atau disebut document root.
Berikut ini salah satu contoh script untuk menampilkan teks dihalam web dengan php:
<? echo "Mari mulai belajar PHP"; ?>
Tulislah scrip diatas dalam file latihan.php tadi dan letakkan file tsb dalam folder document root.

Tahap Eksekusi
Untuk melihat hasilnya silahkan ketik alamat di address browser anda dengan (http://localhost/latihan.php). Anda akan melihat tulisan "Mari mulai belajar PHP" artinya kita sudah mulai belajar script php sekarang.

Semoga bermanfaat khususnya bagi pemula seperti saya,, TQ!

Artikel Terkait Lainnya:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Berkomentarlah dengan topik yang relevan dan tidak melakukan SPAM