Ads

Beberapa Cara Obfuscation Digunakan untuk Encode Javascript

Obfuscation adalah sebuah cara untuk mengacak source code sebuah aplikasi sehingga lebih sulit dibaca/dipelajari alurnya. Anda seorang blogger atau seorang programmer tentunya sudah sangat paham dengan teknik Obfuscation, yaitu berguna untuk menyembunyikan kode asli sehingga sulit dibaca oleh manusia.

Di dalam dunia cyber (internet) tidak ada yang namanya 100% aman, ada yang membuat ada pula yang merusak, ada yang mengamankan tentu ada pula yang membobolnya, sama halnya seperti Virus vs Antivirus.

Encode Javascript sering kita jumpai didunia blogger, dimana kita sering melihat kode-kode (script) "aneh" pada template blog. Ada banyak template blogger blogspot yang menggunakan fitur ini untuk memasang credit link, agar tidak bisa dihapus, jika dihapus dia akan redirect ke halaman pembuat template tersebut. Tentunya anda tahu bagaimana cara menghapus credit link template premium tanpa harus membayar. Tapi apa salahnya jika menggunakan karya orang lain kita harus menghargai karya tersebut, atau anda bisa membuat template sendiri. hehehe:)

Berikut ini beberapa macam Obfuscation yang Digunakan untuk Encode Javascript, untuk sisanya anda bisa searching di Google:

1. Dean Edwards
Dean edwards name yang beralamat http://dean.edwards.name/packer/, cici-ciri kode ini adalah berawal dari kata eval(function(p,a,c,k,e,r) Lihat gambar berikut agar lebih jelas:
Dean Edward
Bagaimana? bisa dipahami? Saya sendiri tidak paham dengan kode tersebut, namun jika di buka dengan browser, akan keluar alert Redokusuma. Jika anda menemui kode seperti ini silahkan cari cara untuk encode packer.
Salah satu tool online yang bisa digunakan untuk encode packer adalah Javascript UnPacker.

2. HiveLogic Enkoder
HiveLogic Enkoder biasanya berawalan seperti var x="function f(x,y){ Silahkan lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelas.
HiveLogic Enkoder
Ada banyak tool yang bisa digunakan, silahkan anda cari di google, lumayan kan udah tau namanya.

3. Gaijin JavaScript Encryptor
Gaijin JavaScript Encryptor berawalan seperti ini var a="'1Aqapkrv' Lebih jelas silahkan lihat contoh:
Gaijin Javascript Encryptor
Pernah dapat script beginian gag ?

4. Obfuscatorjavascript
Na ini yang belakangan ini lagi saya otak-atik. obfuscatorjavascript ini berawal seperti ini
var namavariabel = "oQKpkyJ8dCK0lGbwNnLnwmc1x3bm5Wa8JXZyJXZmVmc8NmczRXZnxXZ0lmc3xHZslGaDRmblBHchxXZwF2YzV2X8ZWZyxXawFWeyVWdxpGflBXYjNXZuVHfr9Gfl1WYOdWYUlnQzRnbl1WZsVEdldGfyIDfCNDfwRHdoxHduVWblxWRlRXYlJ3Y8hjM8FWbzVXdhNXYzF2avRWZzF2chNncyIDfMJVV8RHcpJ3YzN0M8RnclxWYFNDfkFWZoxnchZHfFNDfzMDfPl0T8Rnbl1Wdj9GZ8lUSw8Ff2cDfyYDf2MDflR2bDJXYoNUbvJnZ8VzM8RnbJV2cyFGc8RHcpJ3YzxHduVmbvBXbvNUSSVVZk92YuVGfDNDfjJ3c8dmbpJHdTxHc4V0Z"
Dst...
Yang pasti ciri khasnya di ujung script adalah:
function namavariabel (data){var _0O0lOI="ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZabcdefghijklmnopqrstuvwxyz0123456789+/=";var o1,o2,o3,h1,h2,h3,h4,bits,i=0,enc='';do{h1=_0O0lOI.indexOf(data.charAt(i++));h2=_0O0lOI.indexOf(data.charAt(i++));h3=_0O0lOI.indexOf(data.charAt(i++));h4=_0O0lOI.indexOf(data.charAt(i++));bits=h1<<18|h2<<12|h3<<6|h4;o1=bits>>16&0xff;o2=bits>>8&0xff;o3=bits&0xff;if(h3==64){enc+=String.fromCharCode(o1)}else if(h4==64){enc+=String.fromCharCode(o1,o2)}else{enc+=String.fromCharCode(o1,o2,o3)}}while(i<data.length);return enc} function _0O0(string){ var ret = '', i = 0; for ( i = string.length-1; i >= 0; i-- ){ ret += string.charAt(i);} return ret; }eval(_0IO(_0O0(_010)));

Pernah nemu gan? Coba lihat source blog ini, mungkin ada Obfuscatorjavascript.
Obfuscatorjavascript
Kalau anda paham cara encode javascript yang dienkripsi encode akan ada gunanya, salah satunya menambah ilmu, saya tidak bertanggung jawab jika anda menggunakan info ini untuk hal-hal lain.

Referensi:http://www.redokusuma.net/2015/03/kenali-macam-macam-obfuscation-yang.html

Berikan Komentar Anda

1 Komentar