Cara Install Windows 10 melalui Flashdisk

Beberapa waktu lalu Microsoft telah merilis produk terbarunya, yang diberi nama Windows 10. Banyak spekulasi mengatakan bahwa Windows 9 lah yang akan melanjutkan versi sebelumnya yaitu Windows 8.1, tapi pada faktanya Windows 10 lah yang muncul.

Sekarang saya akan coba membagikan Cara Install Windows 10 Melalui USB Flashdisk.

Tahap Persiapan:

  • Sebuah USB Flashdisk (Min. 4 GB) lebih besar lebih bagus
  • Aplikasi yang Bernama Rufus
  • Dan tak ketinggalan, Windows 10 Technical Preview nya sendiri

Tahap Pengerjaan:

  • Download terlebih dahulu File ISO Windows 10 Technical Preview, lalu sesuaikan dengan komputer Anda. Komputer dengan RAM dibawah 4 GB, lebih disarankan agar menggunakan versi 32bit, sedangkan 4 GB atau ke atas, disarankan pakai yang 64bit.
  • Kemudian, Download dan jalankan Aplikasi Rufus. Lalu setting persis seperti ini, jangan lupa "Browse" file ISO-nya ya. Kemudian, Klik Start. Pastikan sebelum Anda klik start, Flashdisk sudah dalam keadaan kosong dan tak ada data penting didalamnya.
    Tunggu sekitar 10-20 menit, sampai prosesnya selesai.
  • Kemudian, sekarang colokan Flashdisk tersebut ke Komputer yang ingin Anda Install Windows 10, jangan lupa setting BIOS, Untuk masuk BIOS, Anda bisa menekan tombol DEL, F2 atau semacamnya, karena beda jenis beda pula tombolnya. Lalu ubah Boot Device Priority-nya menjadi USB HDD/Flashdisk.

Bila langkah pengerjaan benar, harusnya Komputer dapat mendeteksi adanya Bootable USB yang berisikan Windows 10 Technical Preview tadi. Bila muncul tampilan seperti ini, Klik "Next".
  • Kemudian, Klik Install Now, Lanjutkan dengan berdoa. Hehe :P
    * Sampai disini Anda akan diberi 2 pilihan. Karena Anda ingin menginstall Windows 10 dari awal, maka yang harus dipilih adalah yang Custom: Install Windows only (Advanced)
  • Kemuadian adalah pemilihan partisi Hardisk, Bila Anda tak ingin membuat partisi, lalu langsung klik tombol Next. Atau Bila ingin membuat partisi baru, semisal Local Disk D atau Local Disk E, klik tombol New, lalu tentukan size-nya.
* Nah, tahapan ini adalah bagian yang paling lama, lalu tunggu 20 - 60 menit, biasanya ditengah jalan Windows akan melakukan Restart dengan sendirinya.

PENTING: Harap cabut Flashdisk Anda ketika Proses "Getting files ready for installation" telah selesai atau mencapai 100%. * Hal ini dimaksudkan agar ketika Restart, Komputer tak melakukan Booting dari awal lagi.
  • Setelah sabar menunggu, harusnya tampilan ini akan muncul Bila instalasi berjalan dengan mulus. Sampai disini, saya lebih menyarankan Anda untuk meng-klik tombol "Use express settings".
  • Sampai disini Anda akan ditanyakan untuk Login menggunakan akun Microsoft. Bila tak punya, klik saja Don't have an account?
  • Nah, ini adalah bagian uniknya. Bila Anda login menggunakan akun Microsoft, dan akun Anda itu sudah pernah digunakan di Windows 8 atau Windows 8.1, maka akan muncul pertanyaan, apakah Anda ingin menyinkronasikan data, konfigurasi pengaturan, dll kedalam Windows 10 ini?
  • Dan eng ing eng,,, Akhirnya Desktop Windows 10 Technical Preview, sudah siap!

Sebenarnya, Proses instalasi Windows 10 tak jauh berbeda dengan Windows 7 ataupun Windows 8, sekilas yang membedakan hanya tampilan dan beberapa fitur tambahan didalamnya. Bila Anda masih ada bingung tentang Cara Install Windows 10 Menggunakan Flashdisk, jangan sungkan untuk tulis di kotak komentar ya.

Sumber: http://jalantikus.com/tips/cara-install-windows-10-menggunakan-flashdisk/

Artikel Terkait Lainnya:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Berkomentarlah dengan topik yang relevan dan tidak melakukan SPAM