Pengertian dan Kegunaan MD5 Checksum

Contoh tampilan MD5 checksum
Mungkin ada sering melihat tulisan MD5 checksum diletakkan dekat dengan link download suatu file pada sebuah laman situs yang diikuti sederetan karakter berupa angka dan huruf yang tidak beraturan, lalu tahukan anda apa kegunaan dari MD5 checksum tersebut? Berikut ini saya coba sedikit menjelas secara sederhana tentan apa itu MD5 checksum dan apa kegunaannya?

Pengertian MD5 checksum

MD5 itu adalah sebuah algoritma yang biasa digunakan untuk meng-enkripsi sesuatu. Algoritma ini biasanya sering digunakan untuk meng-enkripsi password member pada sebuah web yang menggunakan bahasa PHP.

Kegunaan MD5 checksum

Lalu apa apa fungsinya MD5 checksum yang sering diletakkan dekat link download? Nah kalau MD5 checksum yang suka ditampilkan dekat link download suatu file itu fungsinya adalah sebagai fasilitas bagi kita agar kita bisa membandingkan keotentikan antara file yang ada di situs tersebut dengan file yang telah selesai kita download ke komputer kita, jika file yang kita download kurang 1 byte saja maka kode MD5 nya pun akan berbeda.

Dengan kata lain, jika kode MD5 checksum dari file yang ada dikomputer kita tidak sama dengan yang tertera pada link download maka hasil download filenya tidak sempurna (no complite).

Bagaimana cara mengecek MD5 checksum?
nantikan diposting berikutnya! hehehe

semoga bermanfaat!

Artikel Terkait Lainnya:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Berkomentarlah dengan topik yang relevan dan tidak melakukan SPAM