Cara Install XAMPP for Windowns di Komputer Offline

Buat sobat yang lagi belajar membuat website sendiri, berikut software yang dapat anda gunakan sebagai hosting offline yang sangat mudah digunakan untuk mengedit website ataupun CMS. Software yang kami maksud adalah XAMPP for windows.

Namun sebelum kita masuk kedalam tutorial menginstall XAMPP, ada baiknya saya berikan beberapa penjelasan terlebih dahulu, silahkan disimak.

Cara Install XAMP for Windows Offline

Apa itu XAMPP?

XAMPP merupakan salah satu aplikasi untuk dapat menjalankan wordpress di komputer lokal, menginstall aplikasi web server yang mendukung PHP serta aplikasi database yaitu MySQL. Aplikasi XAMPP adalah aplikasi yang membundle banyak aplikasi lain yang digunakan dalam pengembangan web. Sejarah nama XAMPP merupakan singkatan dari aplikasi utama yang ada didalamnya: X (huruf X berarti cross-platform, dimana aplikasi XAMPP tersedia untuk banyak Sistem Operasi), A (Apache web server), M (MySQL), P (PHP), dan P (Perl). Selain aplikasi tersebut, XAMPP juga menyertakan modul lainnya seperti OpenSSL dan phpMyAdmin.

Cara download Aplikasi XAMPP

Jika anda belum memiliki aplikasi XAMPP anda bisa mendownloadnya langsung di situs resminya apache, downloadlah pada pilihan XAMPP for Windows.

Nah,, sekarang kita masuk ke tutorial installnya.

Cara Install XAMPP for Windows secara Offline

Peringatan!
Sebelum anda menginstall aplikasi XAMPP, silahkan anda matikan koneksi internet, antivirus, dan program aplikasi yang berat lainnya di laptop/pc anda. Alasannya, karena bisa menghambat proses pemasangan atau installasi aplikasi XAMPP.

Pastikan terlebih dahulu Anda sudah memiliki aplikasi XAMPP for Windows, jika belum punya download dulu. Kemudian baru ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Jalankan aplikasi XAMPP for Windows yang telah anda download.
  2. Tunggu beberapa detik, maka ada tampilan seperti di bawah ini. Klik tombol "OK"
  3. Selanjutnya klik tombol "Next" pada setiap tampilan kotak dialog (lebih kurang 5 kali). Hingga pada bagian instalasi muncul tampilan seperti gambar dibawah. Tunggu sampai instalasi selesai. Biasanya membutuhkan waktu beberapa menit (agak lama sih), jadi saya sarankan sediakan secangkir kopi panas dan cemilannya agar tidak bosan.
  4. Jika ada jendela "Windows Security Alert" klik pada bagian tombol "Allow Access".
  5. Selanjutnya, hilangkan tanda ceklis pada "Do you want to start the Control Panel now?" dan klik "Finish".

Tahap instalasi sudah selesai, dan XAMPP for Windows siap untuk digunakan, Untuk menjalankanya silahkan buka melalui Start Menu >> All Program >> XAMPP >> XAMPP Control Panel. Lalu bagaimana cara menggunakan XAMPP for Windows akan saya pada postingan saya selanjutnya.

Jika ada kendala silahkan sampaikan di kolom komentar! Semoga Bermanfaat..

Artikel Terkait Lainnya:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Berkomentarlah dengan topik yang relevan dan tidak melakukan SPAM