Ads

Cara Mudah Pasang Tombol Share WhatsApp di Blogger

Tombol Share WhatsApp
Diera smartphone ini penggunaan media sosial khususnya messenger sudah sangat banyak sekali. Beberapa diantaranya yang sudah sangat populer bagi pengguna gadget seperti BBM, WhatsApp, Facebook, Twitter, Line, WeChat, Path, Instagram, dan sebagainya. Bahkan layanan ini telah menggusur pupularitas layanan sms.

Pengguna gadget lebih memilih layanan media messenger dibandingkan dengan sms, karena beberapa fitur menarik seperti mengirim gambar, audio, video, dll. Namun, walau bagaimanapun penggunaan sms tidak dapat tergantikan, sebab sms tidak membutuhkan jaringan internet tapi hanya butuh sinyal saja sms akan berfungsi dengan baik.

Salah satu fitur menarik lainnya yang dimiliki oleh media messenger adalah ada yang bisa kita tambahkan ke web/blog, seperti facebook, twitter, google plus, dan WhatsApp (WA).

Nah, dalam bahasan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mudah memasang tombol share artikel blog via WhatsApp. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut:

Cara Menambahan Share Button WhatsApp di Blogger:
  1. Login ke akun blogger Anda.
  2. Pilih opsi edit template HTML
  3. Lalu cari kode </body>, kemudian copy kode berikut di atasnya. (untuk memudahkan tekan tombol Ctrl + F pada keybord anda).
    
    <script type='text/javascript'>if(typeof wabtn4fg===&quot;undefined&quot;){wabtn4fg=1;h=document.head||document.getElementsByTagName(&quot;head&quot;)[0],s=document.createElement(&quot;script&quot;);s.type=&quot;text/javascript&quot;;s.src=&quot;https://cdn.jsdelivr.net/whatsapp-sharing/1.3.4/whatsapp-button.js&quot;;h.appendChild(s);}</script>
    
  4. Selanjutnya cari kode <data:post.body/>, kemudian pilih salah satu share button WhatsApp berikut ini, dan letakkan di atas atau di bawah <data:post.body/>.
    Share Button Kecil
    
    <a class="wa_btn wa_btn_s" expr:data-href="data:post.url" expr:data-text="data:post.title" href="whatsapp://send" style="display: none;">Share</a>
    

    Share Button Sedang
    
    <a class="wa_btn wa_btn_m" expr:data-href="data:post.url" expr:data-text="data:post.title" href="whatsapp://send" style="display: none;">Share</a>
    

    Share Button Lebar
    
    <a class="wa_btn wa_btn_l" expr:data-href="data:post.url" expr:data-text="data:post.title" href="whatsapp://send" style="display: none;">Share</a>
    
  5. Simpan template, dan silahkan lihat hasilnya.
Inilah tips sederhana bagaimana memasang share button WhatsApp di blogger dengan mudah. Silahkan berkomentar dengan bijak dan relevan. Semoga bermanfaat!

Berikan Komentar Anda

16 Komentar

  1. great article.

    cc: UNDI LIFE

    BalasHapus
  2. sudah dicoba sesuai step, tidak bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, hosting file js nya sudah offline.

      Hapus
    2. Tpi scriptnya udah diupdate tu gan..

      Hapus
  3. Cara menampilkan pencarian di Template seperti master gimana ya ? K

    BalasHapus
  4. Cara menampilkan pencarian di Template seperti master gimana ya ?

    BalasHapus
  5. Hahaha,,, bek peugah2 master dihack enteuk.. Lon manteng newbie cit.. Galom na tutorial bak lon,,, hehehe.. Mungkin laen kali beh..

    BalasHapus
  6. hana meutes lom, karna hosting file js awai ka offline...

    BalasHapus
  7. ko masih ga ada dan ga tampil, stap by stepnya sudah saya ikuti tapi ga muncul muncul tombol tersebut

    BalasHapus
  8. Coba diakses via mobile...

    BalasHapus
  9. salam mas dari aceh tamiang juga nih, www.serupting.com

    BalasHapus
  10. ga tampil gan, knp ya..

    BalasHapus
  11. Udh dicoba buka dengan hp? Kalo dikomputet gak muncul

    BalasHapus
  12. udah gan.. tp tetep ga muncul.
    btw..
    skr udah muncul tp pake script yang laen

    BalasHapus