HEBOH! Ancaman TEROR JINGLING yang Meresahkan Para Blogger

Sepertinya Indonesia tidak ada habis-habisnya menampilkan kehebohan, mulai dari isu PKI, guru di penjara, terakhir yang masih anget tragedi ibu saeni yg buka warteg kena razia yang merembet ke pencabuatan 3000an perda oleh kemdagri. Emang Indonesia HEBAT!

Saat ini pula dunia blogger Indonesia sedang dibayang-bayangi kecemasan yang amat sangat (khusunya publisher adsense) oleh ANCAMAN TEROR JINGLING.

Siapakah JINGLING?

Sobat blogger pasti kenal dengan jingling. Jingling adalah sebuah Software buatan negara tirai bambu (Cina) yang digunakan untuk melakukan bot pengunjung otomatis pada sebuah blog atau website.
teror jingling di indonesia

Apa indikasinya blog kena JINGLING?

Sesuai dengan fungsinya maka efek terhadap blog yaitu pageview laman blogger meningkat drastis, namun jika anda menggunakan statblog (hitstat, shynistat, dll) visitornya masih tetap rendah.

Lalu apa ruginya kali PV (pageview) nya tinggi?

Yupz,, benar sekali, sekarang mari kita bahas apa kerugiannya.
  1. Bagi blogger pemula tentunya ini bukan masalah besar, apalagi bagi yang sedang mencari visitor tentunya akan merasa bahagia melihat blog anda banyak pengunjung. Namun sayang sekali, itu hanyalah kebahagian semu. Karena sejatinya blog anda tidak pernah dikunjungi (dibaca). Trus pada akhirnya anda akan malas untuk ngeblog karena tidak ada yang membaca tulisan anda.
  2. Aktifitas ini akan dianggap spam oleh mesin pencari, sehingga jika terdeteksi oleh mesin pencari (terutama google) maka blog anda akan ditendang dari SERP. dan anda akan berada di dunia TSUKUYOMI ala Uchiha Madara (nonton Naruto).. Hehehe
  3. Yang lebih parah adalah bagi anda para publishe Google Adsense, jika blog anda (terpasang google adsense) terdeteksi SPAM walaupun akibat JINGLING maka blog anda bisa saja di block untuk publisher, atau lebih tragis akun Google Adsense anda di BANNED. Tentu rasanya sama seperti terkena RASENGAN milik Naruto.
Pastinya saya sangat PRIHATIN dengan fenomena JINGLING di Indonesia, ini memperlihatkan kualitas dan mentalitas para blogger di Indonesia. Namun jika sudah terlanjur kena TEROR JINGLING yang harus anda lakukan pertama sekali adalah #KamiTidakTakut.

Bagi para pengguna blogspot bisa gunakan cara ini sebagai Solusi:
  1. Login ke akun blogger
  2. Pilih Menu Setelan > Preferensi penelusuran > Robots.txt khusus > Aktifkan (Ya) > Edit
    Lalu Paste setelan robots.txt di bawah ini di kolom robot.txt.
    User-agent: Mediapartners-Google
    Disallow:
    User-agent: Googlebot
    Allow: /
    Disallow: /search
    User-agent: *
    Disallow: /
    
    Sitemap: http://dzulcyber.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED
    
    * Ganti dzulcyber.blogspot.com dengan url blog kalian.
  3. Klik Simpan Perubahan.
Maksud dari script di atas adalah untuk meminimalisir spam bot visitor.

Note:
  • Cara ini hanya untuk menyelematkan blog anda dari siksaan JINGLING, bukan untuk menyelamatkan dari SANDBOX GOOGLE.
  • Jika sudah terkena sanksi dari Google Adsense, anda bisa lakukan upaya banding sambil berdoa banding anda diterima, kalau ditolak ikhlaskan saja dan tetap semangat untuk membuat akun baru.

Artikel Terkait Lainnya:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Berkomentarlah dengan topik yang relevan dan tidak melakukan SPAM