7 Landasan Dasar Sukses Membuat Ebook

Pengertian Ebook

Buku elektronik (disingkat Buku-e atau ebook) atau buku digital adalah versi elektronik dari buku. Jika buku pada umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang dapat berisikan teks atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar. (Sumber: Wikipedia).

Saat ini penggunaan ebook sudah sangat populer, terutama untuk wilayah yang memiliki fasilitas IT yang memadai dan memiliki akses informasi digital yang cenderung meningkat.
7 Landasan Datar Sukses Membuat Ebook

Ebook hadir dengan banyak kelebihan bila dibandingkan dengan buku cetak tradisional. Biaya penerbitan secara signifikan menurun, pendapatan membelah minimal, dan tidak ada biaya pengiriman. Juga, Anda dapat menargetkan pemasaran ebook untuk kelompok inti dari pembaca. Namun demikian masih ada juga yang merasa lebih nyaman membaca buku secara fisik, dibandingkan harus membaca melalui laptop ataupun smartphone.

Bila anda tertarik untuk menulis ebook, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhitungkan untuk menulis ebook yang sedikit berbeda dari kriteria untuk buku fisik. Berikut adalah tujuh kriteria utama yang perlu anda perhatikan ketika Anda menulis/membuat ebook:

1. Topik

Memilih topik yang banyak diminati oleh target pasar tentu merupakan hal sangat penting, karena akan berpeluang ebook anda akan banyak dibaca. Namun yang lebih penting adalah memilih topik yang sesuai dengan profesi/keahlian Anda, sehingga anda tidak akan merasa bosan untuk mengupdate terus ebook Anda, karena itu adalah kunci untuk menciptakan ebook yang informatif dan bermanfaat.

2. Judul

Saat ini begitu banyak ebook yang berseliweran didunia maya, untuk menyelamatkan Anda dari kompetisi itu gunakanlah judul yang memiliki "wow" faktor. Akan para calon pengguna lebih penasaran dengan isi ebook Anda.

3. Konten Unik dan Berkualitas.

Untuk meningkatkan daya jual tentu keunikan dan kualitas konten sangat perlu diperhatikan. Intinya bukan hanya heboh tapi konten juga harus dapat dipertanggung jawabkan baik secara hukum (tidak melanggar hak cipta) dan keilmuan (sudah pernah dibuktikan), karena ini akan mempengaruhi kredibelitas ebook anda dimata pembaca.

4. Panjang Ebook.

Tidak ada aturan baku untuk ini. Dalam beberapa kasus, banyak ebook informatif dan kreatif yang panjangnya kurang dari lima halaman. Bisa dibilang ebook tersebut disajikan secara ringkas, terorganisir, dan komprehensif sehingga ebook tersebut nampak informatif dan kreatif di mata pembacanya.

Jika ebook Anda memiliki 100 halaman, namun dikemas dengan ide-ide unik dan kreatif, itu hebat. Tapi jika Anda dapat memberikan pembaca dengan apa yang mereka inginkan dalam lima halaman, itu sudah cukup bagus.

5. Format

Tidak ada aturan khusu untuk format ebook, namun sebaiknya gunakanlah format PDF. Karena dengan format ini tulisan Anda tidak bisa diedit tanpa seizin Anda, dan format PDF dapat dibaca hampir diseluruh perangkat digital mulai dari laptop sampai smartphone.

6. Editing

Anda tentu saja dapat menawarkan ebook terbaik di dunia, yang berisi tips dan ide unik sekalipun, tetapi jika terdapat kesalahan tata bahasa, itu akan menyebabkan Anda gagal. Sangat direkomendasikan menggunakan layanan editing profesional untuk memastikan bahwa buku Anda memiliki tata bahasa yang benar. Jika tidak, kesalahan dapat menyebabkan pembaca berfikir bahwa penulis ceroboh dalam menulis, atau berfikir bahwa konten mungkin tidak akurat.

7. Desain

Desain judul dn topik hal pertama yang dilihat para pembaca desain. Desain ebook (terutama cover) yang menarik merupakan kunci utama dalam menarik minat pembaca. Jika anda menghiasi ebook anda dengan cover yang kurang profesional, konten unik ebook anda juga tak akan pernah terlihat.

Referensi:
- Wikipedia.com
- blog.ratakan.com

Artikel Terkait Lainnya:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Berkomentarlah dengan topik yang relevan dan tidak melakukan SPAM