Cara Mengatasi "Mixed Content Blocking" di Blogger

Selamat siang sobat blogger sekalian, akhirnya punya kesempatan kembali lagi berbagi. Pada kesempatan ini saya mau membagikan sedikit tips sederhana bagaimana cara mengatasi/mengatasi masalah "Mixed Content Blocking" di blogger.

 Mixed Content Blocked in Blogger

Dimana Masalah ini Muncul?

"Mixed Content Blocking" adalah pesan yang muncul pada browser ketika web/blog kita (dalam hal ini blogger) diakses dengan alamat menggunakan prefiks "https://". Tips ini juga berlaku untuk custom domain TLD with Blogger.

Apa itu  Mixed Content Blocking?

Mixed Content Blocking adalah pembatasan yang dilakukan browser (mozilla, Chrome, dll) untuk menampilkan konten campuran (bercampur antara http:// dan https://). Untuk anda yang baru beralih ke alamat SSL (dengan prefiks https://) besar kemungkinan akan mengalami masalah ini (jika belum diatasi).

Cara Memperbaiki Kesalahan  "Mixed Content Blocking" di Blogger
Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, penyebab munculnya pesan "Mixed Content Blocking" adalah karena adanya konten yang bercampur (link dengan prefiks http:// dan https://), jadi yang harus kita lakukan adalah mengubah semua prefiks http:// menjadi prefiks https://. Berikut langkah-langkahnya:

1. Mengatasi Mixed Content Pada Template

  • Masuk ke Blogger Dashboard Anda, kemudian Pilih "Template", lalu pilih "Edit HTML".
  • Jika sudah terbuka, ganti seluruh prefiks http:// menjadi https://
  • Untuk mempermudah gunakan tombol Ctrl + F untuk mencari http://
    Edit HTML
  • Jika sudah selesai, klik Simpan Template.

2. Mengatasi Mixed Content Pada Layout / Tata Letak

  • Selanjutnya pilih Tata Letak
  • Silahkan periksa seluruh gadget HTML/JavaScript, dengan klik edit pada setiap gadget. Ganti seluruh prefiks http:// menjadi https://.
  • Lalu klik Simpan.

3. Mengatasi Mixed Content pada postingan

Untuk blog yang sudah memiliki banyak postingan tentunya ini akan memakan banyak waktu, karena kita harus memperbaiki pada tiap-tiap postingan. Yaitu mengubah seluruh prefik http:// yang ada dalam posting menjadi https://

PENTING!!
Harap dipastikan seluruh URL baru yang menggunakan HTTPS dapat diakses dengan coba membuka di jendela baru pada browser. Jika URL baru yang menggunakan HTTPS tidak dapat diakses maka anda harus mengembalikannya lagi menjadi HTTP.

Sekian dulu ya, Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait Lainnya:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Berkomentarlah dengan topik yang relevan dan tidak melakukan SPAM