4 Langkah Jitu Riset Keyword dengan Google Trend Explore

google trends research
Source: Google Image
Keyword merupakan salah satu objek yang digunakan dalam algoritma SERP google. Hampir seluruh blogger di dunia mengusahakan agar postingannya berada diurutan pertama SERP google, tujuannya tidak lain adalah meningkatkan trafik pengunjung via mesin pencari google. Dan hal ini merupakan keniscayaan terutama bagi blogger yang bermain Google Adsense. (Baca juga : Tips Meningkatkan Penghasilan Google Adsense untuk Pemula)

Namun ternyata bukan hanya muncul dihalaman pertama yang dibutuhkan tetapi juga sepopuler (trend) keyword yang mengarah ke blog sobat. Artinya walaupun ketika kita mengetikkan judul blog kita di search engine google berada diperikat pertama, tapi kalau tidak banyak yang mengetikkan keyword yang sama tetap saja blog kita tidak akan ramai.

Jadi sangat disarankan agar kita membuat artikel yang populer (paling dicari oleh banyak orang) dalam jangka waktu tertentu. Karena memang tujuan dari kita menulis adalah untuk dibaca oleh banyak orang.

Untuk itu sebaiknya kita melakukan sedikit (bila perlu harus banyak, hehe) melakukan riset dalam menentukan keyword untuk judul postingan blog yang akan dibuat, salah satunya bisa menggunakan tool yang disediakan google yaitu Google Trends.

Sesuai dengan namanya Google Trends merupakan salah satu tools google yang berfungsi untuk menampilkan topik-topik apa saja yang populer di tempat dan waktu tertentu. Dan ini akan menjadi salah satu tool pilihan yang dapat sobat gunakan untuk Riset Keyword dengan Google Trend Explore.

Berikut ini beberapa informasi yang bisa kita dapatkan dari riset di Google Trends:

1. Kriteria Pencarian Istilah (Topik)

Kriteria pencarian digunakan untuk melihat seberapa populer istilah (keyword) yang akan kita gunakan.
Google Trends

Penentuan kriteria dapat kita atur seperti gambar di atas.
  • Tambahkan Istilah (1), diisi dengan keyword yang ingin kita riset. Disarankan untuk memasukkan kata-kata yang menurut sobat sangat sering digunakan dalam mencari sesuatu di google (tentu sobat lebih paham, hehe) atau disesuaikan dengan niche blog sobat.
  • Seluruh Dunia (2) adalah kategori untuk memilih negara. Pada kategori ini sebaiknya disesuaikan dengan target pembaca blog sobat, jika blog sobat berbahasa Indonesia disarankan untuk memilih negara Indonesia.
  • Lima tahun terakhir (3). Maksudnya kita ingin menampilkan trending keyword selama 5 tahun terakhir atau bisa menggantinya menjadi 1 tahun terakhir, 1 bulan terakhir, 7 hari terahir, atau tahun-tahun tertentu. Sebaiknya disarankan dengan jenis topik (kalau berita biasanya jangka pendek).
  • Semua Kategori (4). Kita akan menampilkan keyword populer untuk kategori tertentu, misalnya: Finance, Food & Drink, dll.
  • Penelurusan Web (5). Maksudnya kata kunci yang ditampilkan berdasarkan popularitas di Penelusuran Web Google, sobat juga bisa memilih Penelurusan Youtube jika sobat mengelola youtube, dll.

2. Grafik Minat Seiring waktu

Sebagai contoh saya mengambil keyword dengan kata "Android" dalam waktu 12 bulan terakhir untuk semua kategori dengan negara target Indonesia, maka akan menampilkan garifik pencarian seiring waktu 1 tahun terakhir.
Grafik 1 tahun terakhir


3. Minat Berdasarkan Subwilayah

Informasi minat berdasarkan subwilayah menunjukkan wilayah di Indonesia yang melakukan pencarian terbanyak dengan keryword "Android" melalui Google adalah provinsi Maluku yang ditunjukkan dengan perolehan nilai 100 (teratas).
Informasi berdasarkan regional
Silahkan anda cek seberapa populer keyword sobat di wilayah yang sobat inginkan.

4. Informasi Topik Populer Terkait

Informasi menampilkan keyword yang terpopuler yang paling banyak digunakan oleh user search engine Google dan sedang naik daun yang berkaitan dengan topik "android" yang kita masukkan tadi.
Keyword populer terkait

Dari gambar di atas dapat kita perhatikan bahwa topik terkait dapat ditampilkan dengan dua jenis hasil yaitu "Meningkat" dan "Teratas". Berikut penjelasannya:
  • Meningkat. Moda ini menampilkan kata yang sedang melejit yang ditunjukkan dalam nilai persentase. Topik "Marshmallow-Makanan manis" merupakan topik yang sedang melejit yang dalam kurun waktu 1 tahun terakhir mengalami peningkatan 800% (walaupun terkadang bukan terbanyak, tapi berpotensi menjadi trends dalam waktu dekat)
  • Teratas. Moda ini menujukkan nilai keyword yang paling banyak dicari dan yang paling atas ditunjukkan dengan nilai 100. Dalam hal ini kata "game android" dengan nilai 100 merupakan kata yang paling populer digunakan selama 1 tahun terakhir.

Dengan melakukan riset seperti cara tersebut, sobat telah memiliki refensi beberapa topik dan keyword yang selanjutnya dapat sobat jadikan menjadi judul blog atau judul artikel postingan blog sobat. Namun perlu diketahui semakin populer keyword maka semakin banyak pula kompetitor yang menggunakannya.

Sebagai tambahan, keyword bukanlah satu-satunya kunci sukses dalam mengelola blog, yang terpenting adalah tetaplah KONSISTEN menulis konten yang berkualitas, dan sebaiknya mengambil topik yang sesuai dengan bidang keahlian sobat.

Selamat mencoba. semoga bermanfaat!

Artikel Terkait Lainnya:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 komentar

Berkomentarlah dengan topik yang relevan dan tidak melakukan SPAM