apps
close

Membuat Jadwal Pelajaran Otomatis dengan ASC TimeTable 2017

Jadwal pelajaran tentu merupakan salah satu administrasi yang sangat penting agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Bagi Bapak/Ibu yang diberi tugas sebagai kurikulum/penagajaran tentu tidak asing dengan kegiatan membuat jadwal pelajaran (roster).

Sebenarnya membuat jadwal pelajaran boleh dibilang gampang-gampang susah, apalagi kalau jumlah kelasnya banyak serta permintaan setiap guru yang berbeda-beda tentu hal ini akan membuat Bapak/Ibu pusing bisa-bisa dalam satu semester sampai beberapa ganti jadwal pelajaran.

Namun dengan menggunakan sebuah aplikasi Anda dapat membuat jadwal pelajaran secara otomatis dengan mudah tanpa harus pusing-pusing memikirkan bagaimana cara mengaturnya. Yang perlu anda lakukan hanya dengan memasukkan data distribusi tugas guru, lalu jadwal pelajaran secara otomatis akan tersusun dengan sendirinya.

Asc TimeTable 2017
Nah, untuk memudahkan Anda membuat jadwal pelajaran otomatis anda dapat menggunakan aplikasi Asc TimeTable. Berikut ini akan kami bagikan bagaimana cara membuat jadwal pelajaran otomatis dengan menggunakan aplikasi Asc TimeTable.

Cara membuat jadwal pelajaran otomatis dengan Asc TimeTable

  1. Install aplikasi Asc TimeTable terlebih dahulu, Bila anda belum punya aplikasinya silahkan download melalui situs resmi Asc TimeTable. (Penggunaan aplikasi crack diluar tanggung jawab panitia, hehehe)
  2. Setelah aplikasi Asc TimeTable terinstall, silahkan buka aplikasinya. Tampilan awalnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini, bila anda belum pernah membuat jadwal pelajaran sebelumnya pilih "membuat file baru" kemudian akan muncul wizard yang dapat diikuti sekitar 7 langkah.
    Tamilan Utama Asc TimeTable 2017
  3. Langkah pertama silahkan Anda isikan nama sekolah dan tahun pelajaran. Tentukan pula jumlah jam/hari dan jumlah hari efektifnya. Jika jadwal menggunakan jam ke-0 silakan centang “work with zero periods”. Kemudian tentukan “Week end”. Jika sudah terisi lengkap tekan tombol "selanjutnya".
    Wizard Data Sekolah
  4. Selanjutnya kita menentukan mata pelajaran. Tambahkan pelajaran dengan mengklik tombok “baru”, kemudian isikan nama dan kode mapel tersebut. Bisa juga untuk mengubah warna tampilannya, terus OK. Jika akan membuat mapel baru lagi tinggal klik “baru”
    Pengisian Data Mapel
  5. Dengan cara yang sama juga masukkan data kelas dan data guru, bila sekolah anda menggunakan ruang yang berbeda untuk setiap pelajaran bisa juga masukkan data classroom caranya sama seperti sebelumnya. Bila sudah terisi akan terlihat seperti gambar!
    Data Guru

    Data Kelas

    Data Mapel
  6. Selanjutnya anda juga dapat menentukan waktu kosong pada setiap item (mata pelajaran, kelas, dan guru). Pengaturan waktu kosong tersebut biasanya disebabkan karena pada waktu tersebut digunakan untuk MGMP atau permintaan guru yang bersangkutan. Jika jam tersebut bisa digunakan silahkan centang hijau dengan mengklik pada kotak, jika tidak bisa maka disilang,dan jika ada kemungkinan bisa silahkan tandai dengan tanda tanya, Kemudian OK.
    Pengaturan waktu kosong
  7. Kemudian untuk menentukan jatah mapel yang dibebankan tiap guru dapat dilakukan dengan mengklik 2x pada nama guru. Maka akan muncul jendela untuk penambahan mapel untuk guru bersangkutan.Klik “pelajaran baru” jika ingin menambahkan mapel dan “edit mapel” jika kita akan mengubah mapel.
    Pembagian tugas
    Setelah mengklik “Pelajaran Baru” maka akan muncul jendel berikut. Silahkan tentukan pelajaran, kelas, dan jam pelajaran kemudian OK. Silahkan diulangi untuk kelas yang lain. Dalam penentuan jam pelajaran per kelasnya perlu untuk menentukan jam single atau double. Jika suatu kelas mendapat 5 jam untuk matematika maka kita dapat memilih 2 double dan 1 single atau bisa juga 1 triple dan 1 double atau bisa juga kombinasi yang lain.
  8. Setelah semua data kita isikan maka langkah terakhir adalah kira menggenerate jadwal yang sudah kita susun, namun sebelumnya kita harus tes data jadwal yang kita buat. jika terdapat error maka kita bisa memperbaiki terlebih dahulu sebelum menggenerate. Kalau sudah tidak ada yang error klik menu "Jadwal baru" lalu klik tombol "Start timetable generation", tunggu saja sistem akan menyusun jadwal secara otomatis untuk Anda.
    Buat Jadwal Otomatis
  9. Waktu penyelesaiannya tergantung dari tingkat kerumitan kondisi sekolah Anda, bila sekolah anda banyak kelas, banyak guru, jadwal off guru yang terlalu detail, maka saya sarankan siapkan kopi.. hehehehe
    Jadwal pelajaran otomatis selesai
  10. Sampai disini proses pembuatan jadwal pelajaran otomatis menggunakan Asc TimeTable sudah selesai. Anda juga bisa memindahkan ke Excel bila sudah punya format baku disekolahan Anda.
Selamat mencoba semoga berhasil!

Bila ada kendala silahkan bertanya dikolom komentar.

Artikel Terkait Lainnya

Blogger
Disqus
Komentar

2 Komentar

Terima kasih infonya, sangat bermanfaat. Bisa coba buat jadwal pelajaran dengan aplikasi ini.

Semoga bisa dipraktekkan.

Berkomentarlah dengan topik yang relevan dan tidak melakukan SPAM

close