Mengenal dasar-dasar PHP

Kita lanjut lagi belajar PHPnya ya...
Kali ini kita akan belajar dasar-dasar PHP. PHP (singkatan rekrusif dari PHP Hypertext Preprocessor) merupakan web scripting yang paling populer saat ini. Tidak ada jalan lain mungkin saat ini, jika ingin menjadi web programer yang profesional anda harus belajar PHP. Namun sebelum mengenal PHP anda disarankan untuk mengenal terlebih dahulu tentang HTML/XHTML setelah itu anda baru mempelajari dasar PHP.

Untuk memulai mempelajari PHP anda terlebih dahulu harus menginstal aplikasi web server seperti yang sudah kita bahas sebelumnya. Oke langsung ke intinya aja =>>

Tag PHP
Hal pertama yang menjadi dasar PHP adalah tag. Script PHP ditulis sebagai plain text, yang diawali dengan open tag dan diakhiri dengan close tag. Script PHP bisa ditulis dalam satu file sendiri dan bisa juga disisipkan dalam file HTML. Hanya saja ekstensi dokumen HTML yang berisi php harus diubah menjadi .php.

Ini adalah contoh penulisan open tag dan close tag php:

<?
 [kode php ditulis diantara tag ini]
?>

Scrip PHP Pertama
Buka Notepad atau aplikasi editor lainnya, kemudian ketikkan kode-kode berikut:

<?
$nama = "Dzulfadhli";
$umur = "25"
echo = "Nama saya $nama. Umur saya $umur tahun";
?>
Simpan script di atas dengan nama apaajaboleh.php dan simpan dalam folder htdocs seperti yang telah kita bahas pada posting sebelumnya. Kemudian jalan browser anda dan ketikkan alamnat http://localhost/apaajaboleh.php pada addres bar.
Jika web browser anda menampilkan tulisa "Nama saya Dzulfadhli. Umur saya 25 tahun" maka anda telah berhasil membuat script php pertama.
Pada script diatas paling tidak anda telah mengenal 3 unsur dasar PHP, yaitu:
  • Open dan close tag (<?.....?>)
  • Variabel ($nama,$umur)
  • Fungsi (echo="....")
Sebagian besar tag-tag yang ada di PHP hampir sama dengan tag yang ada di bahasa HTML, jika anda sudah terbiasa dengan HTML mudah-mudahan jadi lebih gampang.
Sekian dulu untuk pengenalan dasar-dasar PHP. semoga bermanfaat!

Artikel Terkait Lainnya:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Berkomentarlah dengan topik yang relevan dan tidak melakukan SPAM