12 Virus Paling Berbahaya pada Android Smartphone

Semakin populer suatu perangkat lunak semakin besar pula serangan yang harus dihadapi, mulai dari serangan hacker sampai pada penyebaran virus tak terkecuali untuk perangkat lunak yang sangat populer saat ini ANDROID.

Sampai saat ini belum ada yang bisa menjelaskan dengan pasti apa maksud (keuntungan) dari penyebaran virus tersebut, namun kehadiran virus-virus ini sangat mengganggu dan bahkan ada yang sampai menimbulkan kerugian.

Virus pada smartphone juga tidak kalah bahaya dengan virus pada komputer. Ada sebagian virus yang dapat mencuri data-data kamu, ada juga virus yang membuat smartphone anda restart terus-menerus, bahkan ada juga yang menyebabkan smartphone anda tidak bisa digunakan lagi.

Berikut ini kami merangkum 12 Virus yang paling berbahaya untuk smarphone android antara lain.

1. Engriks 

Jika pada smartphone kamu pernah menampilkan peringatan "Unfortunately Measure/Engriks Has Stopped" , berarti smartphone kamu telah terinfeksi virus Engriks. Setelah virus ini masuk ke sistem smarphone anda, kamu akan terus menerima peringatan yang terbilang aneh, Seperti Monkey "Test has Stopped". 
Virus ini dirancang untuk menginfeksi lewat situs yang berbau prornografi. Untuk itu, jika tidak ingin terinfeksi virus ini, kurangin mnengakses situs tersebut.  

2. Cyber.Police 

Akhir - akhir ini ada ransomware baru yang bernama Cyber.Police, sama seperti virus Engriks, virus ini juga menginfeksi lewat situs porno. Saat smartphone kamu terinfeksi virus ini, maka smartphone kamu tidak akan bisa digunakan karena terkunci oleh pop up yang muncul di layar secara terus - menerus.
Selain mengganggu, pop up itu juga berisi ancaman, yaitu jika kamu tidak mentransfer sejumlah uang dalam bentuk iTunes Gifts, maka semua data yang ada di smartphone akan hilang.

3. Shedun, Shuanet, dan SiftyBug 

Virus ini teregolong virus paling berbahaya pada smartphone. Pasalnya ketiga malware ini dapat membuat smartphone kamu lumpuh, atau tidak bisa digunakan sama sekali. Jadi anda harus membeli smartphone baru. Virus ini biasanya ditemukan di toko aplikasi pihak ketiga. Setelah terinstal, malware ini akan me-root perangkat smartphone korbannya dan menanamkan embed diri mereka sendiri dalam aplikasi seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, dll.  

4. Android PowerOffHijack 

Dilihat dari namanya, mungkin anda sudah tau apa bahayanya virus ini. Benar, Jika smartphone anda terinfeksi virus ini, Smartphone anda akan mati walaupun baterai penuh. Namun Smartphone anda tidak benar - benar mati, tetapi smartphone kamu akan dibut seolah-olah mati. Disaat yagn bersamaan, virus ini akan menggunakan layanan Telepon, SMS, bahkan mengakses kamera kamu tanpa sepengetahuan-mu.

5. Stagefright 

Virus ini sempat menjadi perbincangan hangat beberapa waktu lalu. Pasalnya virus ini telah berpengaruh besar dari 1 milyar pengguna smartphone Android, khususnya merek smartphone Samsung, LG, dan Google Nexus. Virus ini akan memanfaatkan data - data anda yang tersimpan di smarpthone untuk keperluan tertentu. Stagefright juga bisa digunakan untuk mengakses seluruh perangkat smartphone tanpa sepengetahuan pemilik. Cara penyebaran virus ini adalah dengan masuk ke sebuah malware ke dalam file multimedia seperti MP3 atau MP4. Saat kamu melihat file tersebut, smartphone kamu akan menampilkan preview dari file yang didownload tadi. Saat dibuka, pada saat itulah smartphone anda terinfeksi virus ini.

6. Obad 

Virus ini juga termasuk berbahaya yang dapat merepotkan korbannya, bahkan Kapersky pun juga kewalahan dalam menghadapi virus ini. Walaupun dapat dideteksi, namun virus ini belum dapat dihapus sampai ke akar- akarnya. Jika Smartphone kamu terinfeksi virus ini, maka kamu akan sering kehilangan pulsa dan juga sering terjadi hang. Virus ini menginfeksi smartphone korbannya dengan cara menyuruh untuk mendownload aplikasi di halaman tertentu dan menginstallnya. Setelah berhasil terinstall maka virus Trojan akan menyerang sistem Android korban.

7. HippoSMS 

seperti namanya, virus berbahaya ini akan mengambil alih sistem SMS di smartphone kamu kemudian mendaftar langganan SMS berbayar. Untuk cara mencegahnya, anda dapat melakukan factory reset dan mengganti nomor baru.

8. Drsheep 

Virus ini tergolong dalam kelas Trojan yang dapat membajak akun Facebook, Twitter dan Linkedln kamu. Bahaya sekali bukan ? Nama lain dari virus berbahaya ini adalah HackTool.AndroidOS.Droidsheep.A bila terdeteksi di antivirus kamu. Kamu harus berhati - hati dengan keberadaan virus ini di Smartphone anda.

9. BaseBridge 

Virus ini juga masuk dalam kelas Trojan yang memiliki nama lain Andr/BBridge-A. Virus ini menggunakan sistem previlage escalation untuk menginstal aplikasi asing yang berbahaya di perangkat-mu. Selanjutnya, virus ini akan memindai semua sms kamu, bahayanya lagi, pesan kamu dapat dibaca dan disebar luaskan oleh virus ini.

10. Battery-A 

Jika anda senang menggunakan aplikasi penghemat baterai, anda harus berhati -hati, pasalnya virus ini akan masuk melalui aplikasi tersebut, dan akan terus melaporkan bahwa baterai anda benar - benar hemat. Virus ini padahal sedang mengkorupsi sistem baterai kamu, yang mengakibatkan baterai anda boros. Bukannya tambah hemat, tapi malah tambah boros. Selain itu virus ini juga akan membuat smartphone anda penuh dengan iklan.

11. DroidDream 

Virus ini dapat masuk melalui Aplikasi atau Game yang didownload di sembarang web. Jika Aplikasi atau game yang didownload terinstal, maka virus ini akan masuk ke sistem anda dan dapat dikontrol dari jarak jauh oleh si pembuat virus ini. Virus ini akan mengumpulkan data - data anda ke dalam sebuah server rahasia.

12. Plankton

Virus ini merupakan virus yang cerdik juga licik dalam menginfeksi smartphone kamu. Virus ini akan muncul disaat kamu sedang memainkan suatu game. Virus ini bukan menginfeksi game tersebut, namun menjadikan game tersebut sebagai inang dan kambing hitam. Saat anda sedang memainkan game tersebut, maka akan muncul pop-up secara tiba-tiba yang menyebutkan apakah kamu akan unlock layanan premium atau tidak. Dengan cara seperti itu, akan muncul aplikasi yang serupa untuk menggantikan game tersebut yang sebenarnya di dalamnya itu ada virus ini.

Demikian sedikit ulasan tentang 12 Virus Paling Berbahaya pada Android Smartphone.

sumber: jalantikus

Artikel Terkait Lainnya:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Berkomentarlah dengan topik yang relevan dan tidak melakukan SPAM