Cara Mengetahui Kontak BBM Tidak Aktif Tanpa Broadcast (BC)

Blackberry Messenger (BBM) merupakan salah satu chating media sosial yang sangat populer saat ini. Walaupun sudah banyak yang menggunakan Whatsapp, Line, Telegram, dll namun kebanyakan pengguna smartphone enggn untuk menghapus blackberry messenger (BBM).

Dengan dirilisnya BBM for Android tentu ini sangat memudahkan pengguna smartphone dalam memperoleh akses BBM, tidak seperti dulu harus membeli perangkat (smartphone) Blackberry. Namun hal ini juga berpotensi pengguna untuk gonta-ganti akun (PIN BBM) dengan berbagai alasan seperti lupa password email, ganti akun email, dll yang mengakibatkan banyak akun BBM yang tidak aktif.

Cek Kotak tanpa BC

Tentu akan sedikit tidak nya akan terganggu jika kontak di BBM kita banyak nama yang sama tapi ketika kita chat malah tidak aktif. Untuk itu sebaiknya akun (PIN) yang sudah tidak aktif dihapus saja.

Penyebab PIN BBM tidak aktif.

Ada beberapa alasan mengapa kontak di BBM kita sudah tidak aktif lagi seperti: PIN tersebut sudah tidak digunakan lagi, kontak anda sudah dihapus (DC) oleh teman anda, atau bisa jadi PIN anda sudah berubah sehingga tidak terhubung lagi dengan kontak teman anda.

Kebanyakan orang untuk mengetahui kontak yang aktif atau tidak masih menggunakan fitur broadcast (BC) untuk melakukan tes kontak pada semua daftar kontak yang ada di BBM mereka. Tapi tahukah Anda kalau cara tersebut sekarang sudah tidak efektif lagi? Karena ketika anda melakukan BC maka tidak lagi terdetiksi kontak mana yang tidak aktif.

Jujur saya, sebenarnya saya juga merasa terganggu bila ada yang menggunakan fitur Broadcast hanya untuk melakukan tes kontak. Nah, bila anda berniat membersihkan daftar kontak BBM anda dari kontak yang tidak aktif tanpa harus melakukan Broadcast (BC), maka simaklah artikel ini.

Cara Mengetahui Kontak BBM yang Tidak Aktif


Cara ini dapat digunakan pada BBM for Android, saya tidak tahu apakah bisa digunakan pada smartphone Blackberry sendiri. Tips ini saya paraktekan pada ponsel Xiaomi Mi4i dan berhasil.
  • Langkah 1: Buka aplikasi BBM di Android kamu, lalu pilih menu Setelan di BBM.
  • Langkah 2: Setelah itu pilih menu Kontak >> Tata Letak Kontak.
  • Langkah 3: nanti akan muncul dialog pilihan tata letak kontak "Petak" dan "Daftar", maka pilihlah "Daftar".
    Secara default tampilan kontak dalam bentuk petak. Namun tidak dapat untuk melihat kontak BBM yang masih aktif atau tidak, untuk dapat melihatnya ubahlah kedalam bentuk "Daftar".
  • Langkah 4: Bila semua langkah di atas sudah dilakukan maka proses setting (pengaturan) sudah selesai. Selanjutnya kembali kehalaman utama aplikasi BBM, kemudian lihat kontak BBM anda.
Setelah mengubah tampilan kontak kebentuk daftar maka akan terlihat kontak yang aktif dan tidak aktif, ciri-cirinya adalah
  • Kontak dengan kotak warna hijau, menandakan kontak masih aktif karena ada tulisan statusnya.
  • Kontak dengan kotak wana merah, merupakan kontak yang tidak aktif karena tidak ada status apapun. Jika masih ragu silahkan kirim pesan kekontak yang tidak ada statusnya.

Penting!!!
Hanya terdeteksi kontak yang tidak aktif, namun tidak dapat dipastikan permanen atau tidak.

Semoga setelah membaca ini tidak ada lagi yang BC tes kontak, hehehe.

Artikel Terkait Lainnya

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 komentar

ijin nyoba gan, tapi kan ada yg status nya di *blank* gan jadi juga kosong statusnya, itu gimana

kalo statusnya di blank, biasanya ada jenis status (Ada, Sibuk, dll). Kalau ragu coba aja chat.

Berkomentarlah dengan topik yang relevan dan tidak melakukan SPAM