Cara Ampuh Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Redmi 4 Prime - dzulcyber

Cara Ampuh Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Redmi 4 Prime

Selamat datang sobat dzulcyber sekalian. Akhirnya pada kesempatan ini saya kembali ngepost lagi, maklum belakangan ini masih sibuk di sekolah.

Unlock Bootloader Redmi 4 Prime

Kali ini saya akan membagikan sedikit tips bagaimana cara mudah melakukan unlock bootloader (UBL) pada smartphone Xiaomi Redmi 4 Prime. Sebenarnya saya bukan developer xiaomi, namun kebetulan saya pengguna gadget Redmi 4 Prime (masih baru sih,, hehehe).

Tentunya sobat yang sedang mencari artikel tentang cara melakukan unlock bootloader (UBL) pasti sudah pada tahu apa kelebihan dan kekurangan dari UBL itu sendiri, jadi pada postingan ini saya tidak menjelaskannya.

Baiklah, langsung aja ke tutorialnya.

Persiapan Alat dan Bahan:

  1. Gadget Redmi 4 Prime (Usahan milik sendiri, hehehe)
  2. Kabel data USB (disarankan original)
  3. Laptop (PC)
  4. Koneksi internet yang kenceng (jangan pake hostpot dari gadget tersebut)
  5. MiFlash Unlock Tool yang dapat didowload disini.

Persiapan sebelum melakukan Unlock Bootloader

  1. Pastikan anda sudah memiliki gadet Redmi 4 Prime (ada yang merekomendasikan harus ROM China, tapi menurut saya tidak perlu karena untuk sebagian gadget sebelum UBL tidak bisa bisa melakukan flashing. saya juga tidak menggunakan ROM China)
  2. Daftar mi akun dan aktivasi dengan menggunakan nomor HP, sebaiknya langsung melalui gadget anda.
  3. Bila sudah punya akun mi abaikan langkah ke-2, lalu silahkan melakukan request unlock bootloader ke pihak xiaomi melalui link berikut: http://en.miui.com/unlock/
  4. Login dengan menggunakan akun mi anda dengan memasukkan no HP dan password akun mi (nomor hp harus menggunakan +62 sebagai pengganti 0)
  5. Lalu masukkan juga alasan anda melakukan UBL (jangan gunakan bahasa indonesia, gunakan bahasa inggris atau langsung bahasa mandarin)
  6. Selanjutnya klik Apply Now, dan masukkan kode verifikasi yang dikirim melalui sms.
  7. Akhirnya anda harus menunggu sms konfirmasi dari xiaomi bahwa permintaan UBL anda telah disetujui. (biasanya membutuhkan waktu 2-10 hari). Sambil menunggu sering-sering aja komen dimari (ngarep,, hehehe)



Bila sms cinta yang ditunggu-tunggu dari Xiaomi telah datang barulah anda bisa melakukan langkah-langkan unlock boatloader untu Redmi 4 Prime sobat.

Oke, anggaplah sekarang sobat sudah menerima balasan sms konfrmasi dari xiaomi, simak tutorial berikut.

Cara Unlock Bootloader pada Redmi 4 Prime:

  1. Pastikan PC anda terhubung dengan jaringan internet (jangan gunakan hotspot dari gadget yang akan di unlock)
  2. Jalankan aplikasi MiFlash Unlock Tool yang telah didownload dengan "Run as Administrator" (caranya klik kanan pada icon MiFlash Unlock, lalu pilih "run as administrator")
  3. Selanjutnya akan muncul halaman login akun mi, silahkan masukkan nomor hp (menggunakan +62 sebagai pengganti 0) dan password akun mi sobat. Note: jika sobat belum menerima sms balasan dalam artian request sobat belum disetujui maka proses tidak dapat dilanjutkan.
  4. Bila berhasil maka akan mucul halaman ketentuan dan resiko melakukan unlock, pilih Accept saja.
  5. Pastikan anda sudah mengaktifkan opsi developer, bila belum dilakukan berikut caranya: buka Setting/Pengaturan, kemudian scroll kebawah pilih opsi Tentang Ponsel. Selanjutnya pada bagian Versi MIUI ketuk sebanyak 7x hingga keluar pesan pop up "Anda sudah berhasil menjadi pengembang"
  6. Selanjutnya aktifkan Debuging USB dengan cara: masuk lagi ke Setting/Pengaturan kemudian pilih opsi Setelan tambahan, kemudian pilih menu Opsi Pengembang, setelah itu aktifkan opsi Debuging USB.
  7. Langkah selanjutnya matikan hp Xiaomi redmi 4 prime sobat, lalu masuk ke mode fastboot dengan menekan tombol kombinasi Volume Down dan Power, lalu hubungkan hp sobat ke PC dengan menggunakan kabel USB.
    Hubungkan gadget ke PC
  8. Bila sudah terhubung, langkah terakhir tekan tombol Unlock. Bila tidak terjadi stuck seharusnya proses unlock akan selesai dalam waktu sekitar 10 detik saja.
Bila terjadi stuck pada 50% silahkan baca cara mengatasinya DISINI.

Sekian dulu tutorial melakukan unlock bootloader (UBL) pada gadget Xiaomi Redmi 4 Prime. Jika ada kendala silahkan beri komentar.

Artikel Terkait Lainnya

Berkomentarlah dengan bijak