Ads

Cara Membuat dan Menyimpan File JavaScript (*.js) di GitHub

Kode Warna HTML - CSS

JavaScript merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi pada script (object-oriented scripting language), yang berbasis kepada konsep prototype dan berjalan disisi clien.

Bagi para blogger tentu sudah tidak asing lagi dengan bahasa JavaScript. Pada desain template blog dengan platform Blogger/Blogspot javascript sangat sering digunakan. Kode javascript biasanya sangat banyak (panjang), sehingga akan agak sedikit terganggu dalam proses scroll yang agak sedikit lama.

Bagi sobat yang terganggu dengan script yang begitu panjang, tentunya bisa disiasati dengan menempatkan file javascript (*.js) di hosting lain.

Sebenarnya dulu hosting google sendiri bisa digunakan untuk menempatkan file Js ini, namun untuk saat ini hosting google terbaru tidak dapat menjalankan script yang sudah dibuat.

Banyak pilihan hosting gratis yang dapat digunkan, salah satu hosting yang bisa digunakan untuk membuat dan menyimpan file JavaScript (.js) adalah GitHub.

Cara membuat dan menyimpan file javascript di GitHub:

  1. Buku situs GitHub, lalu buat akun (pilih yang gratis saja)
  2. Jika sobat telah berhasil membuat akun, langkah berikutnya adalah membuat Repositori, dengan cara klik tombol New, lalu isi Repository name (sesuai keinginan), pilih opsi Publik, kemudian klim tombol Create repository. lihat gambar!



  3. Langkah selanjutnya adalah membuat file baru dengan cara klik create a new file seperti pada gambar.

  4. Setelah muncul halaman seperti pada gambar, isi nama file (dengan ekstensi .js), lalu pada bagian text area tuliskan script anda.

  5. Bila dirasa sudah lengkap simpan file dengan klik tombol Commit new file dibagian paling bawah.


  6. Langkah berikutnya copy link file .js sobat, caranya klik pada file sobat, setelah terbuka klik pada menu titik tiga (...) lalu pilih Copy permalink.

  7. Agar file javascript sobat dapat berjalan di blogger sobat harus migrasikan file tersebut ke CDN, dengan cara buka situs JsDelivr.com.
  8. Lalu pastekan permalink yang sudah di copy tadi pada kolom GitHub, dan hasilnya akan terlihat pada kolom JsDelivr.

  9. Nah, copy link tersebut lalu pastekan ke blog sobat.
Sekian dulu tutorial cara membuat dan menyimpan file javascript di GutHub. Sampai jumpa lagi di turorial lainnya.

Bila ada yang kurang jelas bisa tanyakan di kolom komentar, semoga bermanfaat!.

Berikan Komentar Anda

0 Komentar